Sabtu, 30 April 2016

PROGRAM BIDANG KURIKULUM SMPN 1 JEBUS




PROGRAM BIDANG KURIKULUM SMPN 1 JEBUS
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BAB  I  
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh  perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tersebut.
Atas dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti itu diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan,  kesehatan,  keterampilan dan seni. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan Program Kerja Kurikulum sekolah yang berbasis pada kompetensi peserta didik.
Program Kerja Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan SMP Negeri 1 Jebus. Program Kerja Kurikulum 2016/2017 berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan SMP Negeri 1 Jebus.
Oleh karena itu penyusunan program kerja wakil bidang kurikulum SMP Negeri 1 Jebus ini diharapkan dapat gambaran program yang dilakukan selama tahun pelajaran 2016/2017. Selain itu, dengan adanya program tersebut dapat menjadi acuan untuk penyempurnaan program pada tahun mendatang, sehingga apabila ada program yang belum dilakukan semoga dapat diperbaiki pada tahun mendata
B.     Landasan Hukum
Landasan hukum yang mendasari dalam penyusunan Program Kerja Kurikulum tahun pelajaran 2016/2017  adalah sebagai berikut ini.
1.        Undang-undang Republik Indonesia No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
2.        Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2004 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
3.        Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
5.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
6.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
7.        Program Kerja SMP Negeri 1 Jebus  Tahun Pelajaran 2016/2017

C.    Tujuan
Rumusan tujuan untuk Program Kerja Kurikulum mengacu pada fungsi dan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam  Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta peraturan-peraturan pemerintah yang menyertainya.
Penyelenggaraan pendidikan dasar bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia; mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis; dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Penyelenggaraan pendidikan menengah bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraKhlak mulia; mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis; menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi; memiliki etos dan budaya kerja;  dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut


Tujuan penyusunan Program Kerja Kurikulum Tahun Pelajaran 2016/2017 antara lain sebagai berikut :
1.    Terwujudnya tujuan pendidikan di lingkungan SMP Negeri 1 Jebus sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
2.    Sebagai bahan acuan pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan dan sekaligus sebagai salah satu alat evaluasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan bidang kurikulum, baik selama pengelolaan berlangsung maupun pada akhir tahun pelajaran 2016/2017.
3.    Sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan program kurikulum baik langsung maupun tidak langsung

D.    Ruang Lingkup Program Kerja
Ruang lingkup Program Kerja Kurikulum  SMP Negeri 1 Jebus Tahun Pelajaran 2016/2017 meliputi berbagai hal yang berhubungan dengan upaya menggali, memupuk, dan menggerakkan sumber daya pendidikan secara selaras sesuai dengan visi dan misi serta SMP Negeri 1 Jebus  secara keseluruhan.
Adapun ruang lingkup program kerja urusan kurikulum meliputi hal-hal berikut ini.
1.    Pengelolaan rancangan atau pola pembagian tugas guru.
2.    Pengelolaan jadwal kegiatan belajar mengajar.
3.    Inventarisasi kebutuhan buku referensi.
4.    Pengelolaan kebutuhan format-format perangkat pembelajaran.
5.    Pengelolaan penyusunan perangkat pembelajaran.
6.    Pengelolaan pelaksanaan kegiatan belajar mengejar.
7.    Analisa pencapaian target kurikulum.
8.    Pengelolaan pelaksanaan penilaian/evaluasi belajar.
9.    Evaluasi komponen perangkat kurikulum.
10.Pengelolaan laporan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar


BAB II
PROGRAM KERJA WAKIL KURIKULUM
A.      Program Kerja Wakil Kurikulum
            Untuk mencapai daya serap minimal, urusan kurikulum SMP Negeri 1 Jebus untuk tahun pelajaran 2016/2017 berusaha menyusun beberapa program kerja meliputi:
1.      Menyusun program pengajaran
a)    Menyusun dan menjabarkan kelender pendidikan
b)   Menyusun pembagian tugas dan jadwal pelajaran
c)    Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester, program satuan pelajaran dan persiapan mengajar, penjabaran dan sesuai kurikulum).
d)   Mengatur pelaksanaan kurikuler dan ekstrakurikuler
e)    Mengatur pelaksanaan program
f)    kriteria penilaian kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa serta pembagian raport dan STTB
g)   Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
h)   Mengatur pelaksanaan program remedial atau perbaikan dan pengayaan
i)     Mengkoordinasi, meyusun dan mengarahkan kelengkapan mengajar
j)     Mengatur pemanfaat lingkungan sebagai sumber belajar
k)   Mengatur pengembangan MGMP dan koordinasi mata pelajaran
l)     Melakukan supervis administrasi kelas
m) Melakukan persiapan program kurikulum
n)   Penyusunan laporan secara berkala
o)   Ujian tengah semester :
p)   Evaluasi semester ganjil
2.      Pelaksanaan Ujian semster
3.      Pengumpulan nilai akhir semester ganjil
4.      Analisa soal
5.      Pembagian rapor semester ganjil
6.      Pembagian rapor semester ganjil
7.      Evaluasi semester genap
8.      Pelaksanaan Ujian semster
9.      Pengumpulan nilai akhir semester genap
10.  Analisa soal
11.  Pembagian rapor semester genap
12.  Pembagian rapor semester genap
13.  US/UN Kelas IX
14.  Rapat persiapan US/UN
15.  Pelaksanaan UN/US
16.  Rapat Kelulusan pengumuman UN
17.  Pembagian Ijazah dan SKHU


BAB III
REALISASI PROGRAM KERJA WAKIL KURIKULUM
Berdasarkan program kerja yang telah di rencakan wakil bidang kurikulum, maka berikut ini hasil realisasi program kerja waka kurikulum pada tahun pelajaran 2016/2017:
KEGIATAN 1           : Membuat jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) guru
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN
1
Membuat jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM)
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan belajar mengajar
18-21 Juli 2016
2
Membuat jurnal kelas dan jurnal mengajar guru
Pendidik dan ruang kelas
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
18-21 Juli 2016
3
Membuat daftar absensi siswa
Pendidik
Sebagai bukti kehadiran siswa pada proses belajar mengajar
18-21 Juli 2016
4
Membuat buku harian kelas
Pendidik dan ruang kelas
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
18-21 Juli 2016

KEGIATAN 2           : Membuat daftar nilai
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN
1
Membuat daftar nilai 

Pendidik
Sebagai bukti hasil pencapaian siswa

20 Juli 2016

KEGIATAN 3           : Menyusun Kalender Pendidikan
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN



1
Menyusun kalender pendidikan sekolah
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan sekolah, dan memprediksi minggu efektif untuk pedoman pembuatan program semester maupun program tahunan pada perangkat pembelajaran guru
25 Juli 2016

KEGIATAN 4           : Membuat Peraturan akademik sekolah
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN


1
Membuat peraturan akademik sekolah
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman semua  kegiatan belajar mengajar, meliputi: kegiatan ulangan harian, ulangan semester, kegiatan remidial pengayaan maupun kriteria kenaikan kelas.
26-28 Juli 2016

2
Membuat peraturan akademik sekolah
Siswa
Sebagai acuan bagi siswa hal hal berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah
26-28 Juli 2016

KEGIATAN 5           : Mengadakan workshop pengembangan kurikulum KTSP dan kurikulum K13
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Melaksanakan workshop pengembangan kurikulum KTSP dan kurikulum K13
Pendidik
Memahami dan melaksanakan kurikulum KTSP dan kurikulum K13
24-26 Agustus 2016


2
Pembuatan kurikulum Sekolah
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman semua yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sampai dengan akhir kegiatan sekolah dalam kurun waktu tahun pelajaran tertentu
24-26 Agustus 2016
3
Pembuatan silabus oleh MGMP Sekolah
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan KBM
27-30  Agustus 2016
4
Pembuatan RPP oleh MGMP Sekolah
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman perencanaan kegiatan pembelajaran
27-30  Agustus 2016

KEGIATAN 6           : Pemantauan pelaksanaan KBM
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Pemeriksaan jurnal guru per minggu
Pendidik
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
Secara periodik



KEGIATAN 7           : Penyusunan sistem penilaian
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
 Penyusunan sistem penilaian
Guru mapel
Sebagai pedoman pengolahan data penilaian yang berhubungan kegiatan belajar  mengajar
Penyusunan sistem penilaian

2
Sosialisasi sistem penilaian
Guru mapel
Sebagai bekal dan pedoman pengolahan data penilaian yang berhubungan kegiatan belajar  mengajar
Penyusunan sistem penilaian

KEGIATAN 8           : Mengadakan Ulangan Tengah Semester (UTS)
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Mengadakan Ulangan Tengah semester  (UTS)
Siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama tengah semester
3-8 Oktober 2016

KEGIATAN 9           : Menyusun jadwal pelaksanaan jadwal supervisi akademik
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Menyusun jadwal pelaksanaan supervisi akademik
Guru
Mengetahui perkembangan cara mengajar dan metode yang digunakan dalam mengajar di kelas
17-22 Oktober 2016

KEGIATAN 10         : Penyusunan tata tertib pemanfaatan perpustakaan, Lab IPA, Lab bahasa, lab TIK
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Menyusunan tata tertib pemanfaatan perpustakaan,Lab.IPA, Lab bahasa, Lab TIK
Guru dan siswa
Memperlancar jalannya kegiatan penggunaan dan pemanfaatan Sarana yang ada
10  Oktober 2016

KEGIATAN 11         : Mengadakan Ulangan Akhir Semester
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Mengadakan Ulangan Akhir Semester
siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama satu  semester
28 November – 3 Desember 2016

KEGIATAN 12         : Mengadakan jam belajar tambahan untuk mapel UN
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Penyusunan jadwal jam tambahan kelas IX
Guru mapel UN dan siswa kelas IX
Sebagai persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
5-7 Desember 2016
2
Pelaksanaan jam tambahan kelas  IX
Guru mapel UN dan siswa kelas  IX
Sebagai persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
Januari-Maret 2017



KEGIATAN 13         : Mengadakan Try Out mapel UN
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Mengadakan Try out UN
Siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan jam tambahan
Try Out 1: 30-31 Januari 2017
Try Out 1: 22-23 Februari 2017
Try Out 1: 29-30 Maret 2017


KEGIATAN 14         : Mengadakan Ujian Praktik Kelas IX
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Mengadakan Ujian praktek kelas IX
Siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar selama 5 semester
10-15 April 2017

KEGIATAN 15         : Melaksanakan sosialisasi ujian nasional dan ujian sekolah
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Melaksanakan sosialisasi ujian sekolah dan ujian nasional
Orang tua / wali murid dan Siswa
Sebagai pembekalan dan persiapan menyongsong ujian sekolah dan nasional
5 April 2017



KEGIATAN 16         : Melaksanakan ujian nasional dan ujian sekolah
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Pembentukan panitia ujian nasional dan ujian sekolah
Guru dan staf karyawan TU
Memperlancar jalannya kegiatan US/UN 
17 April 2017


2
 Melaksanakan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN)
Siswa
Sebagai penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
Ujian Sekolah : 25-29 April 2017
Ujian Nasional: 8 – 12 Mei 2017


KEGIATAN 17         : Penentuan Kelulusan 
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Pembentukan panitia
Guru dan staf karyawan TU
Memperlancar jalannya kegiatan pengumuman kelulusan
22 Mei 2017


2
 Pengumuman kelulusan
Siswa
Sebagai hasil perolehan nilai akhir siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran


KEGIATAN 18         : Menyusun kriteria kenaikan kelas untuk kelas VII dan VIII 
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Menyusun kriteria kenaikan kelas
Guru dan staf karyawan TU
Memperjelas acuan kenaikan kelas
9 Juni 2017


KEGIATAN 19         : Pembagian laporan hasil belajar siswa  
NO
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN

1
Pembagian laporan hasil belajar
Orang tua / wali murid dan Siswa
Sebagai pelaporan pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar
17  Juni 2017

BAB IV
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Keberhasilan suatu program kegiatan  di sekolah di tentukan oleh kerjasama yang baik antara  antara seluruh warga sekolah. Keberhasilan suatu program sekolah juga tidak  cukup dari sejauhmana baik dan banyaknya suatu program kegiatan yang direncanakan, akan tetapi suatu proses dan output dari kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan tolak ukur nyata akan keberhasilan program kegiatan yang dicangkan, sekecil apapun kegiatan tersebut.
Maksimalnya suatu proses kegiatan terhadap program yang dilaksanakan sangat bergantung pada daya dukung dari bebera pihak dan unsur, seperti ketersediaan anggaran, sumber daya siswa, sumber daya pembina, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, fasilitas serta semangat dari beberapa pihak yang terkait langsung dengan kegiatan tertentu. Kualitas keberhasilan dari suatu program kegiatan tertentu berbanding lurus dengan bagaimana proses dari kegiatan yang berlangsung.
Oleh karena itu diharapkan dengan penyusunan program wakil kurikulum ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 jebus, dan dapat memperbaiki program agar lebih sukses di masa mendatang.

B.     SARAN
1.      Usaha yang telah ditunjukkan oleh berbagai pihak dalam setiap program kegiatan yang telah dilaksanakan sudah maksimal. Tetapi masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak.
2.      Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, bahwa masih banyak program kegiatan yang telah direncanakan dan dirasakan sangat urgen untuk dilaksanakan dan diikuti  yang terpaksa tidak dilaksanakan dan diikuti karena kendala anggaran, maka diharapkan kepada Kepala sekolah untuk terus memberikan dukungan baik moril terutama meteril kiranya alokasi anggaran untuk program kegiatan bidang kurikulum  lebih ditingkatkan  kembali, sehingga baik kuantitas maupun kualitas dari program yang dicanangkan  akan maksimal hasilnya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar