PROGRAM
BIDANG KURIKULUM SMPN 1 JEBUS
TAHUN PELAJARAN
2016/2017
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan
dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global,
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya.
Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan
sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan
masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman
tersebut.
Atas
dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti itu diperlukan upaya peningkatan
mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan
dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi
pekerti, perilaku, pengetahuan, kesehatan, keterampilan dan seni.
Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan
kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik
untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. Dengan
demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang
dikembangkan melalui pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan secara bertahap
dan berkesinambungan. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan Program Kerja Kurikulum
sekolah yang berbasis pada kompetensi peserta didik.
Program
Kerja Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,
dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan SMP Negeri 1 Jebus. Program Kerja
Kurikulum 2016/2017 berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program
yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya
disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan SMP Negeri 1 Jebus.
Oleh
karena itu penyusunan program kerja wakil bidang kurikulum SMP Negeri 1 Jebus
ini diharapkan dapat gambaran program yang dilakukan selama tahun pelajaran
2016/2017. Selain itu, dengan adanya program tersebut dapat menjadi acuan untuk
penyempurnaan program pada tahun mendatang, sehingga apabila ada program yang
belum dilakukan semoga dapat diperbaiki pada tahun mendata
B. Landasan
Hukum
Landasan
hukum yang mendasari dalam penyusunan Program Kerja Kurikulum tahun pelajaran 2016/2017
adalah sebagai berikut ini.
1.
Undang-undang Republik Indonesia No. 32 tahun 2004
tentang Pemerintah Daerah.
2.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2004
tentang Sistem Pendidikan Nasional.
3.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 tahun
2006 tentang Standar Isi.
5.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23 tahun
2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
6.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 tahun
2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
7.
Program Kerja SMP Negeri 1 Jebus Tahun Pelajaran 2016/2017
C. Tujuan
Rumusan
tujuan untuk Program Kerja Kurikulum mengacu pada fungsi dan tujuan pendidikan
nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta
peraturan-peraturan pemerintah yang menyertainya.
Penyelenggaraan
pendidikan dasar bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia; mengembangkan potensi peserta
didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis;
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Penyelenggaraan
pendidikan menengah bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraKhlak mulia; mengembangkan potensi peserta
didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis;
menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi; memiliki etos dan budaya
kerja; dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
Tujuan
penyusunan Program Kerja Kurikulum Tahun Pelajaran 2016/2017 antara lain
sebagai berikut :
1. Terwujudnya
tujuan pendidikan di lingkungan SMP Negeri 1 Jebus sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional.
2. Sebagai
bahan acuan pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan dan sekaligus sebagai salah
satu alat evaluasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan bidang kurikulum, baik
selama pengelolaan berlangsung maupun pada akhir tahun pelajaran 2016/2017.
3. Sebagai
pedoman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan program
kurikulum baik langsung maupun tidak langsung
D. Ruang
Lingkup Program Kerja
Ruang
lingkup Program Kerja Kurikulum SMP
Negeri 1 Jebus Tahun Pelajaran 2016/2017 meliputi berbagai hal yang berhubungan
dengan upaya menggali, memupuk, dan menggerakkan sumber daya pendidikan secara
selaras sesuai dengan visi dan misi serta SMP Negeri 1 Jebus secara keseluruhan.
Adapun
ruang lingkup program kerja urusan kurikulum meliputi hal-hal berikut ini.
1. Pengelolaan
rancangan atau pola pembagian tugas guru.
2. Pengelolaan
jadwal kegiatan belajar mengajar.
3. Inventarisasi
kebutuhan buku referensi.
4. Pengelolaan
kebutuhan format-format perangkat pembelajaran.
5. Pengelolaan
penyusunan perangkat pembelajaran.
6. Pengelolaan
pelaksanaan kegiatan belajar mengejar.
7. Analisa
pencapaian target kurikulum.
8. Pengelolaan
pelaksanaan penilaian/evaluasi belajar.
9. Evaluasi
komponen perangkat kurikulum.
10.Pengelolaan laporan pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar
BAB II
PROGRAM KERJA WAKIL KURIKULUM
A.
Program
Kerja Wakil Kurikulum
Untuk mencapai daya serap minimal,
urusan kurikulum SMP Negeri 1 Jebus untuk tahun pelajaran 2016/2017 berusaha
menyusun beberapa program kerja meliputi:
1. Menyusun
program pengajaran
a) Menyusun
dan menjabarkan kelender pendidikan
b) Menyusun
pembagian tugas dan jadwal pelajaran
c) Mengatur
penyusunan program pengajaran (program semester, program satuan pelajaran dan
persiapan mengajar, penjabaran dan sesuai kurikulum).
d) Mengatur
pelaksanaan kurikuler dan ekstrakurikuler
e) Mengatur
pelaksanaan program
f) kriteria
penilaian kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa
serta pembagian raport dan STTB
g) Menyusun
jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
h) Mengatur
pelaksanaan program remedial atau perbaikan dan pengayaan
i) Mengkoordinasi,
meyusun dan mengarahkan kelengkapan mengajar
j) Mengatur
pemanfaat lingkungan sebagai sumber belajar
k) Mengatur
pengembangan MGMP dan koordinasi mata pelajaran
l) Melakukan
supervis administrasi kelas
m) Melakukan
persiapan program kurikulum
n) Penyusunan
laporan secara berkala
o) Ujian
tengah semester :
p) Evaluasi
semester ganjil
2. Pelaksanaan
Ujian semster
3. Pengumpulan
nilai akhir semester ganjil
4. Analisa
soal
5. Pembagian
rapor semester ganjil
6. Pembagian
rapor semester ganjil
7. Evaluasi
semester genap
8. Pelaksanaan
Ujian semster
9. Pengumpulan
nilai akhir semester genap
10. Analisa
soal
11. Pembagian
rapor semester genap
12. Pembagian
rapor semester genap
13. US/UN
Kelas IX
14. Rapat
persiapan US/UN
15. Pelaksanaan
UN/US
16. Rapat
Kelulusan pengumuman UN
17. Pembagian
Ijazah dan SKHU
BAB
III
REALISASI
PROGRAM KERJA WAKIL KURIKULUM
Berdasarkan
program kerja yang telah di rencakan wakil bidang kurikulum, maka berikut ini
hasil realisasi program kerja waka kurikulum pada tahun pelajaran 2016/2017:
KEGIATAN
1 : Membuat jadwal kegiatan belajar
mengajar (KBM) guru
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Membuat jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM)
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan belajar mengajar
|
18-21
Juli 2016
|
2
|
Membuat jurnal kelas dan jurnal mengajar guru
|
Pendidik dan ruang kelas
|
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
|
18-21
Juli 2016
|
3
|
Membuat
daftar absensi siswa
|
Pendidik
|
Sebagai
bukti kehadiran siswa pada proses belajar mengajar
|
18-21
Juli 2016
|
4
|
Membuat
buku harian kelas
|
Pendidik
dan ruang kelas
|
Sebagai
hasil dan bukti mengajar guru
|
18-21
Juli 2016
|
KEGIATAN
2 : Membuat daftar nilai
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Membuat daftar nilai
|
Pendidik
|
Sebagai bukti hasil pencapaian siswa
|
20
Juli 2016
|
KEGIATAN
3 : Menyusun Kalender Pendidikan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Menyusun kalender pendidikan sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan sekolah, dan
memprediksi minggu efektif untuk pedoman pembuatan program semester maupun
program tahunan pada perangkat pembelajaran guru
|
25
Juli 2016
|
KEGIATAN
4 : Membuat Peraturan akademik
sekolah
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Membuat peraturan akademik sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman semua kegiatan belajar mengajar, meliputi:
kegiatan ulangan harian, ulangan semester, kegiatan remidial pengayaan maupun
kriteria kenaikan kelas.
|
26-28
Juli 2016
|
2
|
Membuat peraturan akademik sekolah
|
Siswa
|
Sebagai acuan bagi siswa hal hal berkaitan dengan
proses pembelajaran di sekolah
|
26-28
Juli 2016
|
KEGIATAN
5 : Mengadakan workshop
pengembangan kurikulum KTSP dan kurikulum K13
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Melaksanakan workshop pengembangan kurikulum KTSP
dan kurikulum K13
|
Pendidik
|
Memahami dan melaksanakan kurikulum KTSP dan
kurikulum K13
|
24-26
Agustus 2016
|
2
|
Pembuatan kurikulum Sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman semua yang berhubungan
dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sampai dengan akhir kegiatan
sekolah dalam kurun waktu tahun pelajaran tertentu
|
24-26
Agustus 2016
|
3
|
Pembuatan silabus oleh MGMP Sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan KBM
|
27-30 Agustus 2016
|
4
|
Pembuatan RPP oleh MGMP Sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman perencanaan kegiatan
pembelajaran
|
27-30 Agustus 2016
|
KEGIATAN
6 : Pemantauan pelaksanaan KBM
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Pemeriksaan
jurnal guru per minggu
|
Pendidik
|
Sebagai
hasil dan bukti mengajar guru
|
Secara
periodik
|
KEGIATAN
7 : Penyusunan sistem penilaian
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Penyusunan sistem penilaian
|
Guru mapel
|
Sebagai pedoman pengolahan data penilaian yang
berhubungan kegiatan belajar mengajar
|
Penyusunan sistem penilaian
|
2
|
Sosialisasi sistem penilaian
|
Guru mapel
|
Sebagai bekal dan pedoman pengolahan data penilaian
yang berhubungan kegiatan belajar mengajar
|
Penyusunan sistem penilaian
|
KEGIATAN
8 : Mengadakan Ulangan Tengah
Semester (UTS)
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Mengadakan Ulangan Tengah semester (UTS)
|
Siswa
|
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa
selama tengah semester
|
3-8 Oktober 2016
|
KEGIATAN
9 : Menyusun jadwal pelaksanaan
jadwal supervisi akademik
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Menyusun jadwal pelaksanaan supervisi akademik
|
Guru
|
Mengetahui perkembangan cara mengajar dan metode
yang digunakan dalam mengajar di kelas
|
17-22 Oktober 2016
|
KEGIATAN
10 : Penyusunan tata tertib
pemanfaatan perpustakaan, Lab IPA, Lab bahasa, lab TIK
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Menyusunan
tata tertib pemanfaatan perpustakaan,Lab.IPA, Lab bahasa, Lab TIK
|
Guru dan siswa
|
Memperlancar
jalannya kegiatan penggunaan dan pemanfaatan Sarana yang ada
|
10 Oktober
2016
|
KEGIATAN
11 : Mengadakan Ulangan Akhir
Semester
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Mengadakan
Ulangan Akhir Semester
|
siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama satu semester
|
28 November – 3 Desember 2016
|
KEGIATAN
12 : Mengadakan jam belajar
tambahan untuk mapel UN
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Penyusunan
jadwal jam tambahan kelas IX
|
Guru mapel
UN dan siswa kelas IX
|
Sebagai
persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
|
5-7 Desember 2016
|
2
|
Pelaksanaan
jam tambahan kelas IX
|
Guru mapel
UN dan siswa kelas IX
|
Sebagai
persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
|
Januari-Maret
2017
|
KEGIATAN
13 : Mengadakan Try Out mapel UN
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Mengadakan
Try out UN
|
Siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan jam tambahan
|
Try Out 1:
30-31 Januari 2017
Try Out 1:
22-23 Februari 2017
Try Out 1:
29-30 Maret 2017
|
KEGIATAN
14 : Mengadakan Ujian Praktik
Kelas IX
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Mengadakan
Ujian praktek kelas IX
|
Siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar selama 5
semester
|
10-15
April 2017
|
KEGIATAN
15 : Melaksanakan sosialisasi
ujian nasional dan ujian sekolah
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Melaksanakan
sosialisasi ujian sekolah dan ujian nasional
|
Orang tua / wali murid dan Siswa
|
Sebagai
pembekalan dan persiapan menyongsong ujian sekolah dan nasional
|
5 April
2017
|
KEGIATAN
16 : Melaksanakan ujian nasional
dan ujian sekolah
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Pembentukan
panitia ujian nasional dan ujian sekolah
|
Guru dan
staf karyawan TU
|
Memperlancar
jalannya kegiatan US/UN
|
17 April
2017
|
2
|
Melaksanakan
ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN)
|
Siswa
|
Sebagai
penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa dalam proses KBM dalam satu tahun
pelajaran
|
Ujian
Sekolah : 25-29 April 2017
Ujian
Nasional: 8 – 12 Mei 2017
|
KEGIATAN
17 : Penentuan Kelulusan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Pembentukan
panitia
|
Guru dan
staf karyawan TU
|
Memperlancar
jalannya kegiatan pengumuman kelulusan
|
22 Mei
2017
|
2
|
Pengumuman
kelulusan
|
Siswa
|
Sebagai
hasil perolehan nilai akhir siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
|
KEGIATAN
18 : Menyusun kriteria kenaikan
kelas untuk kelas VII dan VIII
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Menyusun
kriteria kenaikan kelas
|
Guru dan
staf karyawan TU
|
Memperjelas
acuan kenaikan kelas
|
9 Juni
2017
|
KEGIATAN
19 : Pembagian laporan hasil
belajar siswa
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1
|
Pembagian
laporan hasil belajar
|
Orang tua
/ wali murid dan Siswa
|
Sebagai
pelaporan pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar
|
17 Juni 2017
|
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Keberhasilan suatu program kegiatan di sekolah di tentukan oleh kerjasama yang
baik antara antara seluruh warga
sekolah. Keberhasilan suatu program sekolah juga tidak cukup dari sejauhmana baik dan banyaknya suatu program
kegiatan yang direncanakan, akan tetapi suatu proses dan output dari kegiatan
yang telah dilaksanakan merupakan tolak ukur nyata akan keberhasilan program
kegiatan yang dicangkan, sekecil apapun kegiatan tersebut.
Maksimalnya suatu proses kegiatan
terhadap program yang dilaksanakan sangat bergantung pada daya dukung dari bebera
pihak dan unsur, seperti ketersediaan anggaran, sumber daya siswa, sumber daya
pembina, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, fasilitas serta semangat dari
beberapa pihak yang terkait langsung dengan kegiatan tertentu. Kualitas
keberhasilan dari suatu program kegiatan tertentu berbanding lurus dengan
bagaimana proses dari kegiatan yang berlangsung.
Oleh karena itu
diharapkan dengan penyusunan program wakil kurikulum ini dapat meningkatkan
mutu pendidikan di SMP Negeri 1 jebus, dan dapat memperbaiki program agar lebih
sukses di masa mendatang.
B. SARAN
1. Usaha yang telah
ditunjukkan oleh berbagai pihak dalam setiap program kegiatan yang telah
dilaksanakan sudah maksimal. Tetapi masih memerlukan dukungan dari berbagai
pihak.
2. Belajar dari
pengalaman tahun sebelumnya, bahwa masih banyak program kegiatan yang telah
direncanakan dan dirasakan sangat urgen untuk dilaksanakan dan
diikuti yang terpaksa tidak dilaksanakan dan diikuti karena kendala
anggaran, maka diharapkan kepada Kepala sekolah untuk terus memberikan dukungan
baik moril terutama meteril kiranya alokasi anggaran untuk program kegiatan
bidang kurikulum lebih ditingkatkan kembali, sehingga baik kuantitas maupun
kualitas dari program yang dicanangkan akan maksimal hasilnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar